5 Hal Krusial yang Harus Disiapkan Sebelum Kita Menjual Properti yang Kita Miliki

Apabila Anda sedang berencana untuk menjual properti yang Anda miliki ada beberapa hal yang harus di jadikan pertimbangkan, apabila Anda sudah berencana untuk mejual property yang Anda miliki maka Anda harus siap dengan rencana yang Anda akan butuhkan untuk menjual property tersebut misalnya menentukan harga yang tepat yang nantinya akan menguntungkan untuk Anda dan juga menyiapkan untuk memasarkan property tersebut yang tepat sasaran sehingga property yang akan Anda jual cepat terjualnya.


Semua itu membutuhkan pengalaman di bidang jual beli property. Selain itu ada beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan sebagai penjual mislanya KTP suami dan istri ini apabila Anda sudah menikah dan juga kartu keluarga, selain itu jangan lupa menyispkan sertifikat tanah Anda yang asli yang sudah di cek oleh BPN dengan biaya yang berbeda di setiap wilayah, slain itu jangan lupa membayarkan PBB tahunan yang merupakan kewajiban Anda sebagai pemilik propery tersebut, dan juga yang terakhir adalah melunasi PPh yang jumlahnya adalah 5% dari NJOP. 

Untuk menjual property yang Anda miliki sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri atau dengan menggunakan bantuan agen property, karena seperti yang kita ketahui apabila Anda menggunakan seorang agen untuk membantu Anda menjualkan property yang Anda miliki kemungkinan akan lebih cepat terjual, dan sebenarnya Anda tidak perlu khusus datang ke kantor agen tersebut cukup meletakkan tanda property di jual di depan property Anda dan kemungkinan akan ada beberapa agen yang akan menghubungi Anda untuk membantu menjualkan property yang akan Anda jual.

Untuk menggunakan jasa agen maka Anda sudah harus siap dengan membayarkan komisi untuk mereka karena ya sudah pasti harus ada harga yang di bayarkan untuk pekerjaan seseorang bukan?

Presentasenya juga biasanya 1-2.5% dari harga yang di jualkan tergantung perjanjian Anda dengan agen tersebut di awal. Jangan lupa untuk memiliki perjanjian yang sah dengan agen tersebut untuk menghindari masalah masalah yang tidak di inginkan nantinya. Karena biasanya kalau property sudah terjual dan di bayarkan maka kalau sudah urusan menyangkut keuangan akan ada saja celah atau masalah yang akan Anda hadapi nantinya, untuk menghindari masalah tersebut maka buatlah perjanjian sah dengan agen yang sudah Anda pilih.

Kalau ingin cepat menjual property Anda maka cobalah untuk memiliki perjanjian dengan lebih dari satu agen karena agen agen ini sudah lebih berpengalaman dari Anda dan mereka sudah mempunyai pasar dan network mereka sendiri untuk memasarkan property yang Anda jual. Selain itu mereka pasti sudah mempunyai list list calon konsumen yang akan mereka tawarkan untuk membeli property yang Anda jual.

Karena itu carilah agen yang ada di dekat lokasi property yang akan Anda jual sehingga Anda tepat sasaran untuk memasarkan property yang sedang Anda jual dan tawarkan untuk calon konsumen Anda.

Jadi apa sajakan hal krusial yang harus di siapkan sebelum Anda menjual property yang Anda miliki:

1. Pastikan bahwa rencana Anda sudah matang

Jadi Anda dan keluarga harus memusyawarahkan apakah penjualan property ini merupakan keputusan bersama untuk menghindari permasalahan di kemudian hari .karena menjual property ini tidak akan bisa di tarik ulur apalagi di batalkan kalau si pembeli sudah membayar DP  sebagai tanda jadi. Jadi apakah Anda sudah pasti akan menjual property tersebut, there is no turning back kalau Anda sudah memasarkan property tersebut. Bisa saja di batalkan tetapi akan menyusahkan Anda nantinya.

2. Siapkan dokumen dokumen yang di butuhkan

Untuk menjual property Anda harus memastikan bahwa semua dokumen yang menyangkut property tersebut adalah asli dan lengkap. Karena Anda tidak mungkin menjual property sengketa yang surat surat nya tidak lengkap, hal ini akan menimbulkan masalah untuk Anda pastinya di kemudian hari bahkan bisa sampai berurusan dengan hukum apabila dokumen dokumen yang di butuhkan tidak lengkap.

3. Carilah informasi tentang property yang akan di jual

Misalnya apakah banyak yang mencari property di daerah atau lokasi yang Anda tawarkan, atau apakah akan ada pembangunan di daerah tersebut sehingga apabila bangunan yang sedang di bangun di persekitaran lokasi sudah jadi sudah pasti harga property tersebut akan bertambah tinggi, maka Anda jangan menjualnya sekarang karena akan menimbulkan kerugian bagi Anda nantinya.

4. Perhatikan hal hal kecil yang dapat menaikkan harga property Anda

Misalnya bersihkan property yang akan di jual, apabila catnya mulai lusuh maka cat kembali lah property tersebut karena akan menarik bagi calon pembeli Anda nantinya, selain itu kemungkinan kenaikan harga juga dapat terjadi kalau property yang Anda jual kondisinya sangat baik seperti baru walaupun second misalnya.

5. Carilah calon pembeli dari sejak awal

Jadi sambil Anda masih beberes property atau sedang menyiapkan dokumennya, Anda sudah harus mencoba untuk gerilya kira kira ada atau tidak calon pembeli yang melirik property Anda, untuk sebagai ancang ancang saja kalau kalau sudah ada calon pembeli maka Anda dapat menaikkan harga misalnya kalau calon pembelinya ada lebih dari 1 orang.

Jadi itu lah beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum Anda menjual property yang Anda miliki, semoga property yang sedang Anda pasarkan cepat terjual ya.

Postingan Populer