Apakah Kita Bisa Nego Bunga KPR? Bisa! Ini Informasinya

KPR adalah singkatan dari Kredit Kepemilikan Rumah, bagi para masyarakat yang ingin memiliki sebuah rumah tetapi dengan budget terbatas maka KPR adalah solusinya. Mencicil perbulan dengan membayarkan bunga tambahan adalah hal yang dapat mewujudkan keinginanan untuk membeli rumah dari pada harus menabung lama dan membeli rumah dalam bentuk cash dan lunas. Semua tergantung dari kebutuhan masing masing individu selain itu budget dan kemampuan financial juga merupakan salah satu alasan untuk memproses KPR untuk mendapatkan rumah idaman mereka.


Beberapa orang sudah mulai berpaling dari KPR karena mereka tidak ingin menanggung dosa riba karena harus membayarkan bunga yang rate nya terkadang tidak pasti tergantung dengan kondisi keuangan saat itu. Jadi sebenarnya memang agak berisko karena kalau kondisi keuangan Negara sedang buruk maka bukan tidak mungkin bunganya bisa naik dengan tiba tiba dan mau tidak mau Anda harus tetap membayarkan bunga dan cicilannya tersebut kalau masih ingin memiliki property yang di miliki yang di beli menggunakan KPR.

Sangat di sarankan untuk berhati hati dan lebih teliti dalam memilih bank yang akan membantu Anda mencicil rumah dengan KPR ini karena reputasi dan pengalaman sebuah bank juga dapat menjamin kelancaran cicilan Anda nantinya. Seperti yang sudah kita ketahui kalau mencicil dengan KPR ini bukan lah dalam jangka waktu satu sampai lima tahun saja tetapi bisa sampai dua puluh lima tahun. Anda bisa bayangkan dalam 25 tahun Anda harus membayarkan cicilan plus bunga setiap bulannya. 

Ketakutan terbesar banyak orang yang mencicil menggunakan KPR adalah apabila suku bunga akan naik yang akan mempengaruhi cicilan mereka juga pastinya. Bukan tidak mungkin bagi Anda untuk bernegosiasi masalah bunga yang akan Anda bayarkan untuk meringankan beban bunga dan cicilan Anda ke depannya nanti.

Anda dapat bertanya kepada pihak bank sebelum Anda mengiyakan atau setuju dengan harga rumah menurut pihak bank dan berapa bunga yang harus Anda bayarkan, di sini Anda jangan sampai lengah karena kalau Anda tidak mengetahui apabila bunga KPR bisa di nego maka pihak bank tidak akan memberikan kepada Anda info tentang hal ini, jadi tanyakan lah kepada pihak bank tentang hal ini sebelum Anda memproses KPR Anda. Maka pertanyaannya adalah apakah kita bisa nego untuk bunga KPR? Ini adalah informasinya

Untuk memiliki proses KPR yang di ajukan dalam jual beli hal ini bisa berproses panjang contohnya adalah biaya rumah bekas atau second yang Anda beli adalah 300 Juta Rupiah tetapi nilainya akan berbeda apabila bank yang memberikan kredit menilai dengan harga yang beda.

Setiap bank miliki rumus atau angka yang di hitung dari luas tanah x harga pasar + luas bangunan x harga yang di pasarkan + harga strategisnya. Jadi apabila Anda bisa menghitung berapa nominal kira kira atau rata rata harga rumah yang akan di jual Anda bisa tau berapa kira kira bunga yang akan di bayarkan.

Untuk bernegosiasi Anda harus tahu bagaimana kondisi pasar property tersebut dengan harga pasarannya dari misalnya beberapa situs online yang ada. Dari situ Anda dapat mengira ngira harga yang akan di berikan oleh pihak bank dan nego bunga nya kepada pihak bank karena Anda sebelumnya sudah memiliki referensi tentang harga pasarannya.

Postingan Populer