Mau Beli Property? Berapa Lama KPR yang Masuk Akal Untuk Kita Cicil? Yuk Berpikir Secara Sehat

Dengan semakin tinggi nya harga property dari tahun ke tahun maka banyak sekali dan akan semakin banyak orang orang yang tidak dapat membeli property dengan bentuk cash atau langsung lunas, karena itu KPR atau Kredit Pemilikan Rumah lah solusinya. Pertanyaannya adalah kira kira berapa lama sih waktu yang ideal untuk mencicil KPR atau Kredit Pemilikan Rumah ini?


Banyak bank yang menawarkan KPR dengan jangka waktu yang berbeda beda biasanya adalah lima sampai dua puluh lima tahun. Dan seperti pada umumnya semakin lama pilihan Anda dalam mencicil maka semakin kecil juga cicilan yang dapat Anda bayarkan dan semakin sedikit waktu pilihan Anda dalam mencicil maka semakin besar juga cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya atau tergantung kesepakatan awal.

Selain itu bank juga mempunyai beberapa syarat untuk umur maksimal pencicil KPR pada saat cicilannya habis di bayarkan jadi Anda harus banyak pertimbangan untuk memilik jangka waktu KPR Anda yang tepat nantinya. 

Dan selain umur pemilih untuk mengkredit KPR juga harus di rencanakan dengan apa yang sudah di rencanakan dalam masa jangka panjang oleh Anda dan keluarga. Sebagai contohnya apabila Anda mau atau berencana membeli rumah yang berikutnya misalnya 20 tahun kemudian, maka sebaiknya tenor rumah pertama Anda adalah 15-20 tahun jadi apabila sudah saatnya untuk membeli rumah lagi yang kedua, rumah pertama yang Anda cicil telah lunas.

Selain itu sebagai contoh lainnya apabila suami atau istri Anda merencanakan untuk resign dari kantor mereka dan berwiraswasta dalam jangka waktu 10 tahun lagi misalnya maka cicilan rumah sudah lunas jadi Anda tidak terbebani untuk harus membayar cicilan rumah dengan KPR lagi dan focus pada usaha yang dijalani.

Untuk memilih berapa lama kah jangka waktu cicilan yang harus Anda bayarkan untuk KPR ini adalah banyak di jadikan pertanyaan calon konsumen yang akan mengajukan KPR. Tetapi sebenarnya lama mencicil dan berapa lama Anda ingin rumah tersebut lunas adalah tergantung dari kemampuan Anda sendiri berapa lama kira kira Anda dapat mencicil lunas rumah yang Anda beli melalui KPR.

Apabila menurut Anda berat maka cicil lah sehingga 25 tahun tergantung budget bulanan yang Anda miliki. Dan Anda harus waspada dan memerhatikan kemampuan keuangan atau financial Anda sendiri dan ada resiko yang harus di hadapi kalau mengambil KPR yang konvensional karena ada bunga beberapa persen yang harus Anda bayarkan dan juga besarnya bunga dapat berubah tergantung dari kondisi perekonomian yang ada pada saat bunga KPR itu berlangsung untuk di bayarkan.

Jadi pilihlah bank yang menawarkan bunga yang rendah dan stabil untuk mencicil KPR rumah Anda. Sehingga Anda tidak perlu was was di masa depan untuk kejadian hal hal yang tidak di inginkan.

Jadi kesimpulannya adalah berapa lama KPR yang masuk akal untuk di cicil adalah tergantung dari kondisi financial Anda dan berapa lama Anda sanggup mencicil rumah tersebut dan sampai kapan kira kira kemampuan Anda mencicil dapat di andalkan.

Lihatlah dan periksa kembali tentang keadaan financial Anda, pekerjaaan Anda dan hal hal lain yang mendukung pendapatan Anda perbulannya sehingga Anda dapat mengira ngira sampai kapan Anda dapat melunasi KPR tersebut.

Postingan Populer